Jumat, 28 Agustus 2009

Air Panas Angsri - Baturiti, Tabanan

Air Panas Angsri adalah salah satu dari beberapa pemandian air panas yang dimiliki kabupaten Tabanan. Letaknya ditengah2 perbukitan dan persawahan di desa Angseri Kecamatan Baturiti tabanan. Sekitar 1 jam perjalanan dari Denpasar. Jika anda pernah ke Bedugul, anda aka lewat jalan yang sama. Denpasar – Mengwi-Baturiti, itulah jalurnya.

Kondisi alam dikawasan air panas angseri masih asri dan alami. Pohon bambu masih rimbun. Kita masih harus berjalan melewati jalan setapak untuk mencapai air panas. Jalan setapak ini bagus dan nyaman untuk dilalui. Pemandangannya juga asyik, di kanan ada jurang dan lembah, dihiasi bunga dan berbagai tanaman plihan. Terdapat pula persawahawan dan sungai kecil.

Terdapat 2 buah kolam besar ditambah dengan 6 pemandian private disini. Namun sebelumnya anda harus membayar tiket masuk yakni 3 ribu rupiah setiap orang. Suhu air di air panas angsri khususnya di kolam private, berkisar 30 hingga 46 derajat celcius. Karena panasnya lumayan tinggi, maka pihak pengelola menyarankan para pengujung untuk berendam maksimal 30 menit.

Air panas angsri ini juga diyakini berkhasiat menyembuhkan sejumlah penyakit, khususnya penyakit kulit. Ini karena air panas ini mengandung belerang. Terdapat pula sebuah kolam yang dikhususkan untuk pengobatan. Katanya sih, sudah banyak orang yang berangsur-angsur sembuh setelah beberapa kali mandi ditempat ini. (percaya ga percaya :P)

Selain pemandian, kawasan air panas angsri juga dikelilingi beberapa Pura luhur. Sepanjang perjalanan mendekati air panas ini tak kurang dari 5 pura luhur pucak yang kami temui. Diantaranya, Pura Luhur Pucak Tinggah, dan Pura Luhur Pucak Asah. Sungguh sebuah tempat yang sangat cocok untuk berwisata alam dan rohani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar