Sabtu, 29 Agustus 2009

Brahma Vihara Arama

Selama ini orang lebih banyak mengenal Bali identik dengan Hindu. Tidak banyak yang menaruh perhatian bahwa bali memiliki komunitas lain yang hidup rukun berdampingan dengan masyarakat hindu, yakni Budha. Nah kali ini kami akan mengajak anda untuk berkunjung ke salah satu tempat suci umat Budha di Kabupaten Buleleng. Namanya Brahma Vihara Arama.

Brahma Vihara Arama ini terletak di ketinggian perbukitan di desa tegehe kecamatan banjar kabupaten buleleng. Vihara yang memiliki pemandangan indah berupa perbukitan, gunung dan laut lepas ini, merupakan vihara pertama di Bali yang didirikan Bante Girri Rakhito Mahatera. Seorang Bikku keturunan Brahmana di Banjar.

Memasuki Brahma vihara Arama tak ubahnya seperti memasuki sebuah Pura. Karena desainnya sangat disesuaikan dengan arsitektur Bali. Halaman yang terbagi 3 yakni nista, madya dan utama mandala dihubungkan dengan anak tangga yang bertuliskan prinsip-prinsip ajaran budha.

Brahma vihara Arama memiliki sebuah tiruan borobudur dengan 5 stupa di bagian puncak. Saat prayaan hari besar umat budha, maka ribuan orang akan memenuhi tempat ini untuk melakukan pemujaan.

Selain itu, Brahma Wihara Arama juga terkenal sebagai tempat meditasi Vipasana. Meditasi untuk pencerahan. Hampir setiap hari tempat ini didatangi orang orang yang ingin mencapai ketenangan dan pencerahan lewat meditasi.

Tidak ada larangan bagi wanita haid maupun yang memiliki kematian dalam keluarga untuk datang ke Brahma Wihara Arama. Yang lebih menarik, Brahma Vihara Arama terbuka bagi siapa saja asalkan memiliki niat baik untuk mengetahui ajaran budha yang universal.

1 komentar:

  1. yup...been there a few years ago...lovely place.. :)

    pengen deh bisa belajar meditasi disana

    salam kenal

    BalasHapus