Jumat, 28 Agustus 2009

Peternakan Kelinci Anggora - Bedugul, Tabanan


Kawasan wisata alam bedugul memang sangat mempesona. Selain keindahan alam dan kesejukannya, ada satu lagi nieh daya tarik Bedugul. Yakni Kelinci. Rupanya kawasan ini juga cocok untuk pengembangan hewan lucu ini. Dikawasan bedugul ini banyak dijajakan anak-anak kelinci

Nah saya berkesempatan melihat salah satu tempat pengembang biakan kelinci. Letaknya tidak jauh dari pintu masuk kebun raya eka karya bedugul. Disinilah kelinci2 tersebut diternakan. Ada beberapa jenis kelinci disini, dan salah satunya sang sangat menarik perhatian kami adalah Kelinci jenis Anggora. Ciri khas kelinci ini adalah bulu2nya yang lebat nyaris menutupi seluruh tubuhnya.

Ternyata perawatan untuk kelinci2 anggora ini tidak jauh berbeda dengan kelinci kelinci jenis lainnya. Mereka diberi makanan berupa rumput dan sayur2an seperti daun selada, kol, dan lobak. Anehnya, kok saya samasekali tidak melihat wortel dalam menu makanan mereka...jangan-jangan itu hanya mitos, atau kelincinya sudah bosan :)

Hanya saja, disarankan kelinci2 ini jangan sampai terkena air. Kandangnyapun harus selalu dalam keadaan kering. Demikian juga dengan makanannya.

Kelinci adalah hewan yang berkembang biak sepanjang tahun. Saat dikawinkan, kelinci jantan dan betina akan diletakkan dalam satu kandang. Jika sudah dibuahi, barulah mereka dipisahkan. Selanjutnya kelinci betina akan mengandung selama kurang lebih satu bulan. Seekor kelinci dalam skali berkembang biak akan menghasilkan hingga belasan anak. Waah, betapa cepat perkembangannya.

Kelinci-kelinci ini biasanya diperjualbelikan. Seekor anak kelinci anggora bisa dijual hingga 35 ribu rupiah.. Nah bagi ana yang tidak terlalu meyukai anjing atau kucing, kelinci khususnya jenis anggora ini bisa jadi pilihan. Kita juga bisa lho mendadaninya.....

1 komentar: