Jumat, 28 Agustus 2009

Danau Buyan - Pancasari, Buleleng



Perjalanan menuju Danau Buyan, di Desa Pancasari Buleleng, sangat menyenangkan. Terlebih kita juga akan melewati kawasan Wisata Alam Bedugul yang terkenal dengan Kebun Rayanya serta hawa yang sangat sangat sejuk. Kawasan Wisata Alam Bedugul ini, memang terletak diantara Kabupaten Tabanan dan Buleleng. Terdapat tiga Danau di kawasan ini, yakni Danau Beratan, Danau Buyan, dan Danau Tamblingan.

Danau Buyan merupakan salah satu kawasan pelestarian alam di Propinsi Bali yang diperuntukan khusus bagi kepentingan pariwisata dan rekreasi alam. Luasnya sekitar 367 Hektar. Kawasan ini termasuk Danau Tamblingan yang berada tepat disebelah Danau Buyan ditetapkan sebagai kawasan konservasi mengingat potensi alamnya yang menarik serta merupakan daerah resapan dan cadangan air yang sangat penting bagi daerah-daerah di wilayah Propinsi Bali, sehingga perlu dijaga kelestarianya agar dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan.

Keindahan Danau Buyan masih sangat alami dan masih asri,hanya sedikit yang disentuh oleh tangan manusia. Ditambah lagi dengan adanya larangan menggunakan perahu bermotor di danau ini. Masyarakat setempat menggunakan perahu-perahu kecil yang disebut "pedahu" untuk memancing.

Dengan udara yang sejuk dikelilingi pegunungan yang serba hijau, suasana udara yang segar memberikan suasana yang tenang dan nyaman. Danau ini sangat ideal untuk olah rekreasi air seperti mendayung dan memancing. Terutama bagi mereka yang menyenangi rekreasi alam, danau ini adalah tempatnya. Apalagi di tengah danau juga dibuatkan gubuk-gubuk bagi para pemancing ini. Praktis, aktifitas didanau buyan tidak pernah sepi.

Danau Buyan juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang mendukung untuk wisata alam tersebut. Seperti tempat parkir untuk mobil di tepi danau, penyewaan perahu untuk keperluan memancing ataupun sekedar berekreasi megelilingi danau. Soal akomodasi, tersebar cukup banyak penginapan dikawasan ini. bagaimana menurut anda? Tertarik untuk mengunjungi danau ini? Siapa pun boleh mengunjungi danau ini asal tidak ada niat buruk.Dan semoga danau ini tetap terjaga kelestarianya sampai kapanpun hingga kelak anak cucu kita dapat menikmati keindahannya....Menarik bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar