Sabtu, 29 Agustus 2009

Taman Pujaan Bangsa Margarana, Marga - Tabanan


Terletak di Di Desa Kelaci Kecamatan Marga Tabanan, Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana ini seolah mengingatkan kita, betapa kerasnya perjuangan meraih dan mempertahankan kemerdekaan bangsa idonesia. Monument seluas sembilan hektar ini di areal bekas terjadinya pertempuran Margarana 20 nopember 1946.

Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana yang dibangun pada 1954 ini, konsepnya mengikuti konsep Tri Mandala yakni hulu, tengah dan hilir.

Memasuki kawasan Taman Pujaan Bangsa Margarana, kita akan melihat dereten seribu lebih nama-nama pahlawan yang tertulis rapi pada sebuah prasasti pualam. Pahlawan pahlawan inilah yang gugur dalam selama revolusi fisik di Bali.

Sedangkan di bagian hilir terdapat Pelataran Upacara yang diapit 2 buah balai peristirahatan dibagian timur dan barat. Di pelatarannya kita juga akan melihat Patung Panca Bakti yang menggambarkan persatuan dan kesatuan seluruh rakyat dalam perjuangan kemerdekaan.

Dari pelataran upacara dibagian hilir, kita beranjak menuju bagian tengah. Di halaman tengah inilah Candi atau tugu Pahlawan Margarana berdiri megah setinggi 17 meter, dengan atap tumpang 8, serta pondasi persegi 5 yang melambangkan proklamasi RI 17 Agustus 1945.

Pada tugu ini juga terpahat secara berangkai isi surat Jawaban I Gusti Ngurah Rai kepada Belanda. Surat tersebut menggambarkan kebesaran jiwa perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia.

Dibagian hulu atau utara dan timur laut areal taman pujaan bangsa margarana ini terdapat Taman Bahagia. Pada Taman Bahagia terdapat seribu lebih tugu pahlawan yang menunjukkan jumlah pejuang yang gugur di medan laga selama revolusi fisik di Bali. Didalamnya termasuk pula sebuah nisan untuk pahlawan tidak dikenal.

Areal monument Taman pujaan bangsa Margarana juga dilengkapi dengan bangunan Gedung Sejarah. Gedung ini terletak di sebelah Timur Candi Pahlawan Margarana. Gedung ini menyimpan sejumlah benda-benda peninggalan perjuangan kala itu. seperti senjata hasil rampasan dari tentara NICA, alat komunikasi, alat-alat penyamaran, alat-alat medis, dll.

Namun sayanganya kondisi gedung dan benda-benda didalamnya kurang mendapat perhatian. Padahal semua beda benda yang tersimpan dalam gedung ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar