Rabu, 18 November 2009

Bunut Bolong


Jembrana memang memiliki banyak hal hal menarik. Termasuk tempat yang akan saya gambarkan ini. Sebenarnya tempatnya tidaklah terlalau istimewa. Tetapi suasananya sangat alami dan sejuk. Ditambah dengan adanya pohon Bunut yang unik. Semua menjadi menarik. Tempat ini dikenal sebagai Bunut Bolong.


Bunut Bolong. Itulah nama tempat yang saya tuju. Letaknya di Desa Manggissari Kecamatan Pekutatan, Jembrana. Dari jalan raya Denpasar Gilimanuk kita menuju 11 km kearah utara. Dinamai Bunut Bolong, karena adanya sebuah Pohon Bunut besar berusia ratusan tahun yang tumbuh tepat di jalan tersebut. Bunut Bolong adalah pohon Bunut yang tumbuh lestari di mana di tengah akar akarnya terdapat jalan raya yang menghubungkan kecamatan Pekutatan dengan Kabupaten Buleleng.Bagian bawah pohon ini, terdapat lubang yang sangat besar. Kendaraan besar semacam bus pun sering melewati lubang ini. Yup, benar sekali. Karena Pohon Bunut ini memiliki lubang besar, makanya kawasan inipun kemudian dinamakan Bunut Bolong.

Pemandangan di sekitar Bunut Bolong sangat indah. Perbukitan dan hutan alami menghijau, membuat setiap orang yang melewati tempat ini akan tergerak hatinya untuk sekedar berhenti menikmati maha karya sang pencipta. Karena seringnya orang berhenti disekitar tempat ini, maka kemudian dibangunlah beberapa tempat beristirahat semacam gazebo di kawasan Bunut Bolong. Dan benar saja, setiap yang lewat, sejenak pasti akan memanfaatkan gazebo ini untuk sekedar melepas lelah ataupun menikmati pemandangan.

Pohon Bunut adalah salah satu pohon yang kerapkali disucikan. Karenanya kita akan menjumpai tempat suci berupa sebuah pura kecil di sisi selatan pohon.


1 komentar: