Sabtu, 14 November 2009

Pura Luhur Pucak Adeng


Nama Pura Luhur Pucak Adeng, memang tidak sepopuler pura pura Dang Kahyangan lainnya di Bali. Namun bagi anda umat hindu penyuka perjalanan spiritual alias tirta yatra, bisa menjadikan pura yang terletak di puncak Bukit Adeng ini sebagai salah satu tujuan persembahyangan anda.

Pura Luhur Pucak Adeng terletak di puncak Bukit Adeng, di Desa Penebel Kabupaten Tabanan. Kerana letaknya diatas ketinggian yakni kurang lebih 700 m diatas permukaan laut, maka hawanya pun terasa lumayan sejuk. namun untuk mencapainya, kita harus mengerahkan ekstra energi untuk mendaki bukit. melewati jalan setapak, ditengah lebatnya hutan lindung kawasan gunung Batukaru. perluwaktu nyaris 2 jam untuk mencapai areal pura.

Terdapat beberapa pura di kawasan pura Luhur Pucak Adeng. Meliputi Pura Puseh, Pura Dalem Dasar, Pura Beji, Pura Penataran Pucak Adeng, dan pura Pucak Anyar. Nyaris semua pelinggih di areal pura masih berupa bebaturan atau tahta batu, yang diselimuti tebalnya lumut.

Suasana di sekitar Pura Luhur Pucak Adeng masih sangat alami. sesekali kita akan mendengar riuhnya suara kera dan burung liar yang saling bersahutan. selain itu di kawasan ini juga terdapat banyak pepohonan yang dilindungi karena kelangkaannya. Masyarakat yang datang tentu dilarang mengambil flora dan fauna di kawasan yang dilindungi ini.

Sebuah informasi tambahan untuk anda, karena hutan di kawasan Bukit Adeng masih sangat alami dan lembap, persiapkan diri anda, karena binatang penghisap darah sejenis pacet, sangat banyak di lokasi ini. selamat Bertirta yatra... :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar