Sabtu, 14 November 2009

Penangkaran Menjangan


Menjangan adalah salah satu hewan yang keberadaannya mulai langka. selain habitatnya yang mulai berkurang, manusia juga senang menjadikan menjangan sebagai hewan buruan. Karenanya, sangat bagus apabila kemuadian ada pihak yang berinisiatif untuk menangkarkan hewan ini.

Sudah sejak beberapa tahun terakhir ini Ida Bagus Komang Rai menangkarkan menjangan. hingga saat ini terdapat kurang lebih 11 menjangan dari jenis menjangan bali dan timorenses

Menurut penangkarnya, menjangan ini dulunya merupakan sumbangan pemberian gubernur Bali kala itu, Dewa Made Berata. Kini, perawatan dalam penangkaran menjangan tersebut dikerjakan sendiri oleh Ida Bagus Komang Rai dibantu keluarganya. Menjangan diberi makanan berupa rumput dan tanaman yang dapat diperoleh dari sekitar tempat penangkaran di Dusun Palungan Batu, Desa Batu Agung Negara, Jembrana.

Selain untuk melestarikan keberadaan Menjangan sebagai hewan langka, penangkaran juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan sarana upacara keagamaan di Bali. Banyak masyarakat yang memerlukan hewan kurban menjangan datang ke tempat ini. Biasanya mereka memberi sejumlah uang pengganti kepada Ida Bagus Komang Rai.

Namun sayang, keterbatasan biaya perawatan, memyebabkan kondisi kandang tampak mulai tidak terawat. menurut pengakuan Ida Bagus Komang Rai, tak jarang menjangan menjangan ini berusaha melepaskan diri dari kandang yang terbuat dari kawat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar